Tuesday, November 27

PAYET

PAYET sebenarnya tidak banyak beda dengan BORDIR, perbedaanya menurut saya adalah :

  1. BORDIR menggunakan mesin sedang PAYET ketrampilan sulaman tangan.
  2. BORDIR hanya menggunakan benang sedangkan PAYET menggunakan manik-manik, mote dan lain sebagainya.

Pekerjaan membuat mode, menjiplak model desain, semuanya sama persis.

Mengapa istri saya senang dengan keduanya, karena sama-sama CANTIK kalo diaplikasikan ke model busana. PAYET dan BORDIR dapat diaplikasikan bersama-sama atau sendiri-sendiri.

PAYET menggabungkan kreasi dari benda-benda mungil yang berwarna warni menjadi sebuah desain yang apik dan unik, benda-benda itu dapat kita kanali sebagai berikut :

  1. PASIR bentuknya bulat kecil dengan lubang ditengahnya. Dapat digunakan untuk membuat kelopak bunga, helai daun, penutup bagian tengah PAYET dan berbagai macam bentuk lainya sesuai kreatifitas kita
  2. BAMBU bentuknya langsing panjang sekitar 1 cm dengan lubang ditengah. Digunakan untuk membentuk tangkai, tepian motif, isian kelopak bunga atau daun dan bentuk lainya.
  3. TEBU bentuknya seperti bamboo pendek. Digunakan untuk membentuk tangkai, saluran-saluran, daun dan berbagai bentuk lainya.
  4. PIRING DATAR bentuknya pipih dan tipis. Terbuat dari plastic atau mika yang sangat tipis dengan lubang ditengah. Digunakan untuk membentuk kelopak bunga kecil, benang sari bunga dan bentuk lainya.
  5. PIRING MANGKUK bentuknya pipih cekung seperti mangkok. Digunakan untuk membuat kelopak bunga dan bentuk lainya.
  6. MATA bentuknya seperti helai aun dengan lubang memanjang ditengah. Cara pemasangan dengan menjahit tiga buah pasir disepanjang lubang tersebut. Digunakan untuk membuat daun kecil atau kelopak bunga.
  7. BUNGA bentuknya pipih seperti kelopak bunga. Digunakan untuk membentuk bunga, dengan menambah pasir dilubang tengahnya.
  8. BINTANG bentuknya seperti bintang. Tersedia warna emas dan perak. Digunakan sebagai pelengkap, atau bentuk lainya.
  9. MANIK-MANIK bentuknya padat dengan lubang ditengah. Ada yang bulat kecil seperti telur cicak, bulat besar seperti mutiara, lojong, kerucut, limas, kotak dengan lubang dikedua sisi dan lain sebagainya.

Dari bermacam-macam bentuk diatas dapat dibentuk sesuka hati sesuai dengan kreatifitas yang kita miliki, tidak mengenal pakem, asal dikerjakan dengan KETEKUNAN dan KERAPIAN, ditambah dengan komposisi warna, komposisi bentuk dengan tema desain harus klop.

0 comments:

Posting Yang Berhubungan